Apa itu Jurusan TKJ

TKJ yang merupakan singkatan dari Teknik Komputer dan Jaringan adalah salah satu jurusan yang tersedia di tingkat SMK. Jurusan ini berada di dalam Bidang Studi Teknologi Informasi dan Komunikasi dan di bawah Program Studi Teknik Komputer dan Informatika.

Jurusan TKJ termasuk jurusan yang sangat populer di SMK, baik dari SMK Negeri maupun Swasta banyak yang membuka jurusan ini. Apalagi di wilayah Pekalongan, SMK yang membuka Jurusan TKJ juga banyak jumlahnya.

Baca juga: TKJ Pekalongan

Jurusan TKJ membutuhkan alat dan bahan yang tidak sedikit dan tidak murah. Beberapa perangkat seperti komputer desktop merupakan alat yang wajib ada di jurusan TKJ, beberapa sekolah bahkan telah menyediakan laptop/netbook untuk mengakomodir kegiatan pratikum perakitan komputer. Alat-alat yang lain yang juga dibutuhkan untuk jurusan TKJ adalah periperal tambahan seperti Printer, Scanner, Webcam, Speaker, Headset, Bluetooth, Converter Interface, dll. Kemudian perangkat jaringan juga mutlak diperlukan seperti Hub/Switch, Router, Wireless Access Point, Wireless Router, Antenna Wireless, Wireless Client, Modem USB, Modem ADSL.
Jika mau mengikuti standar dunia kerja / dunia industri skala nasional/internasional maka sekolah harus menyediakan perangkat tersebut dengan level Enterprise (kelas perusahaan besar). Misalnya mengadakan perangkat jaringan Router atau Switch Enterprise yang bermerk Cisco. Jika sekolah ingin benar-benar mengajarkan jaringan WAN yang dipakai oleh penyedia jaringan Internet (seperti: Telkom, Indosat, dll) maka perangkat yang harus disediakan juga tidak kalah mahal seperti: DSLAM yang harga termurahnya sekitar 20 jutaan, kemudian perangkat BTS, Switch dan Router dengan banyak Interface yang mendukung WAN.



Apa saja yang diajarkan pada Jurusan TKJ?

Yang diajarkan pada Jurusan TKJ antara lain seperti:

Perakitan Komputer.
Bongkar pasang komputer baik jenis desktop, laptop, maupun netbook. Tidak semua sekolah mengajarkan perakitan laptop / netbook karena kendala biaya pengadaan.

Baca Juga: Perakitan Laptop di TKJ SMK Gondang


Sistem Operasi, baik berbasis Windows maupun Unix-like seperti Linux dan variannya.
Diajarkan bagaimana menginstalasi Sistem Operasi untuk berbagai jenis komputer baik desktop, laptop, maupun netbook.
Beberapa sekolah bahkan mengajarkan instalasi sistem operasi Android di komputer yang berbasis x86.

Jaringan Dasar dan jaringan lanjutan.
Membangun komunikasi antar komputer maupun komputer dengan perangkat lainnya seperti Switch, Router, Wireless Access Point, dll.

Pemrograman Dasar
Mengajarkan algoritma dan alur pemrograman dari dasar. Diajarkan pula membuat program komputer sederhana.

Pemrograman Web
Mengajarkan pembuatan Website, maupun aplikasi berbasis web. Secara teknis mengajarkan siswa memahami dan mempraktikkan HTML, CSS, Javascript, PHP dan MySQL untuk membuat Website maupun aplikasi berbasis Web.

Jaringan Wireless
Membangun jaringan komputer tanpa kabel yang menghubungkan komputer, dengan perangkat lainnya seperti laptop, netbook, tablet, dll

Server
Membangun sistem yang dapat memberikan layanan kepada komputer lain, seperti mail servis, web, DNS, VoIP, FTP Servis, Cloud Computing, dll.

Desain Grafis
Mengajarkan pembuatan karya desain yang dapat digunakan pada industri cetak maupun grafis untuk tampilan pada layar.

Animasi
Mengajarkan pembuatan animasi sederhana, untuk TKJ biasanya hanya berupa animasi 2D saja.


Komputer Terapan
Mempelajari sistem komputer terkini yang berhubungan dengan teknologi mobile computing maupun robotic computing. Jenis komputer yang dipelajari seperti raspberry, arduino, atau alix. Belum semua SMK mempelajari ini karena keterbatasan alat dan kemampuan Guru pengajar.

Baca Juga: SMK Jurusan TKJ di Pekalongan



Contoh Brosur TKJ di Pekalongan
Contoh Brosur TKJ di Pekalongan


Contoh Poster TKJ di Pekalongan
Contoh Poster TKJ di Pekalongan

Spanduk TKJ, SMK GO Pekalongan, Wonopringgo
Spanduk TKJ, SMK GO Pekalongan, Wonopringgo

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments