Istilah Dasar Komputer

Mouse
Suatu perangkat keras pada komputer yang berfungsi menggerakkan pointer, dan melakukan klik pada objek. Mouse sangat penting dalam pengoperasian komputer. Mouse termasuk ke dalam perangkat input (input device).

Reset
Kegiatan untuk mengembalikan aturan perangkat lunak yang telah diganti pengguna ke aturan bawaan pabrik/vendor.

Default
Suatu keadaan awal dimana perangkat lunak pertama kali diatur oleh pembuatnya. Istilah default dapat kita temui di banyak tempat di komputer, seperti pada BIOS, pengaturan program, konfigurasi perangkat jaringan, dll. Istilah default seringkali disandingkan dengan kata lain, misalnya: factory default setting yang berarti bawaan pabrik/vendor. Kegiatan untuk mengembalikan aturan perangkat lunak yang telah diganti pengguna ke aturan bawaan pabrik/vendor seringkali disebut dengan Reset.

Factory Default Setting
Bacalah pengertian dari istilah default

Update
Update adalah suatu proses memperbaharui bagian sistem komputer biasanya perangkat lunak komputer dengan maksud agar perangkat lunak memiliki kinerja lebih baik dari sebelumnya. Update dapat memperbaiki error pada perangkat lunak. Dalam beberapa kasus update juga menyertakan kemampuan tambahan kepada perangkat lunak.

Install
Secara bahasa install berarti memasang, sehingga install adalah suatu proses memasang perangkat keras atau perangkat lunak agar komputer memiliki fungsi khusus yang diinginkan oleh pengguna. Misalnya: Menginstall program aplikasi perkantoran agar pengguna dapat mengetik dokumen atau membuat presentasi. Beberapa literatur menuliskan install menggunakan kata serapan yaitu instalasi.


Logo TKJ, SMK Gondang Wonopringgo, Pekalongan
Logo TKJ, SMK Gondang Wonopringgo, Pekalongan
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments