Pelaksanaan Workshop Pembuatan Game untuk Android dan Web

Pelaksanaan Workshop Pembuatan Game untuk Android dan Web

Wonopringgo, Senin 9 April 2018 telah dilaksanakan Workshop Pembuatan Game untuk Android dan Web yang bertempat di Lab 2 Teknik Komputer dan Jaringan, SMK Gondang Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah.

Pelatihan di buka sekitar pukul 07.00 WIB dengan sambutan Kaprodi TKJ Bpk. Maman Sulaeman, S. Kom. Beliau memaparkan bahwa Workshop Pembuatan Game ini memberikan skill atau keterampilan baru bagi siswa. "Membuat Game tidaklah mudah, dibutuhkan beberapa elemen yang saling melengkapi seperti alur cerita, grafis, music, sound effect, serta gameplay yang menarik" tandasnya.

Siswa dan siswi nampak serius membuat Game

Pelatihan Game ini dibimbing oleh Surya Agung yang merupakan siswa aktif XI TKJ 2 SMK Gondang. Dia mendapatkan ilmu dan keterampilan membuat Game berkat pengalaman Prakerin (Praktek Kerja Industri) di STMIK Widya Pratama Pekalongan selama 2 bulan. Selama Prakerin banyak skill baru yang ia dapatkan termasuk skill membuat Game.

Instruktor Surya Agung memberikan pengarahan pd Workshop Pembuatan Game

Game dalam pelatihan ini dibuat menggunakan software Construct 2 yang memang khusus dipakai untuk membuat Game. Game yang dibuat dapat di-export dan dijalankan pada Web Browser, Platform Smartphone Android, iPhone dan Windows Phone.

Hasil Pekerjaan Siswa dalam Workshop Pembuatan Game

Pelaksanaan Workshop ini bertepatan dengan Pelaksanaan USBN (Ujian Sekolah Berbasis Nasional) untuk Kelas XII tahun ajaran 2017/2018. Peserta yang hadir merupakan siswa/siswi kelas X TKJ yang memiliki minat dan semangat belajar tinggi, meskipun pada hari itu dan 2 hari ke depan adalah hari Libur, mereka sudi untuk menanggung lelahnya belajar.
Nampak siswa dan siswi sedang mengerjakan Game sesuai Instruksi

Di akhir acara, Pak Maman menegaskan bahwa Game yang dibuat masih bisa dikembangkan menjadi lebih menarik lagi. "Silakan kembangkan Game yang kalian buat, berikan variasi dalam setiap level permainannya, tambahkan sound effect maupun grafis yang lebih menarik" tutupnya.
Hasil Akhir Game yang dapat dijalankan pada ponsel Android

Tim Game Development TKJ SMK Gondang
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments