Aplikasi Pengumuman Kelulusan Online berbasis TCExam

Pengumuman kelulusan di masa pandemi seperti sekarang menuntut pelaksanaan harus dilakukan secara daring. Banyak teknik yang bisa dilakukan untuk melakukan pengumuman secara online salah satunya yaitu menggunakan TCExam Mobile Friendly (TMFAJAX) yang telah dimodifikasi.


Langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi Pengumuman Kelulusan Online berbasis TCExam adalah sebagai berikut:

  1. Unduh TCExam Mobile Friendly with AJAX support (TMFAJAX) disini https://github.com/xamzone/tmfajax/archive/refs/tags/21.04.29.zip * TCExam versi original tidak support dengan panduan yang ada disini. Anda harus menggunakan TMFAJAX versi 21.04.29.
  2. Instal TMFAJAX seperti biasanya, melalui url install/install.php
  3. Setelah terinstall, buka pengaturan database, ubah struktur database dari table user, khusus pada field user_ssn dari varchar(255) diubah menjadi Text .
  4. Unduh template yang berupa file MS Excel disini https://tkj.yayasan-gondang.com/p/template-excel-aplikasi-kelulusan.html
  5. Buka file template tersebut menggunakan MS Excel, kemudian isi data sesuai yang dibutuhkan pada file template tersebut. Penting: pengisian cell nilai apabila ada koma, mohon untuk menggunakan tanda titik, misalnya : 80.75
  6. Pada SHEET yang bernama Import ke Sistem, seret data ke bawah agar semua data yang berada pada template masuk ke SHEET Import ke Sistem.
  7. Pada SHEET Import ke Sistem, Tekan CTRL+A untuk memilih semua data, lalu tekan CTRL+C untuk menyalin semua data
  8. Buka dokumen Excel baru, paste menggunakan opsi Paste Value.
  9. Simpan file Excel
  10. Masuk ke halaman Admin TCExam
  11. Tekan menu User, kemudian pilih Import
  12. Pilih tipe file XLSX, pilih file Excel yang tadi telah disimpan
  13. Tekan tombol KIRIM untuk mulai mengimport user
  14. Untuk menguji coba tampilan SKL Online, login menggunakan akun user yang telah diimport


  15. Setelah login, pilih menu SKL Online.
  16. Tekan tombol BISMILLAH (tombol ini bisa diubah penamaannya melalui file tmf_skl.php yang berada pada public/code/)
  17. Setelah menunggu, nanti akan ada ucapan selamat sesuai keputusan kelulusan peserta didik.
  18. Untuk mencetak dokumen kelulusan, klik pada tombol PRINT / PDF
Tutorial dalam bentuk video silakan bisa dilihat di bawah ini:

Sebelum melihat tutorial dalam bentuk video pastikan Anda telah menginstal TCExam (TMFAJAX) terbaru, dan mengunduh file template yang telah disediakan.


Catatan tambahan:
- Nilai yang diisikan pada cell nilai di template Excel harus menggunakan tanda titik apabila ada koma dibelakang nilai, misal: 80.75
- Pengaturan waktu dibukanya SKL, pengaturan kop surat, nama sekolah, nama kepala sekolah dan lain-lain bisa disesuaikan melalui file tmf_skl.php yang terletak pada folder public/code/
- Nilai yang ditampilkan di lembar SKL bukan berasal dari perolehan nilai dari proses ujian dari CBT TCExam, melainkan dari data import user.
- Fitur ini masih sangat jauh dari sempurna karena belum ada tabel khusus untuk menampung data SKL, meski demikian hal ini sudah cukup untuk menampilkan informasi kelulusan kepada peserta didik.



Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments