Kumpulan Ide Produk Kreatif dan Kewirausahaan untuk Jurusan TKJ di jenjang SMK (Bagian 1)


Ciri-ciri negara maju salah satunya adalah memiliki banyak wirausahawan. Oleh karena itu baru-baru ini pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sedang gencar-gencarnya mengintegrasikan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di tingkat SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan.

Mata Pelajaran tersebut terdapat di jenjang SMK di kelas XI (sebelas) dan XII (dua belas). Mata Pelajaran ini sejatinya adalah pelajaran yang mengasyikkan karena mampu mengakomodir sisi lain dari kemampuan siswa, tidak hanya dari segi ilmu pengetahuan saja, melainkan kemampuan siswa akan digali dari beberapa aspek seperti aspek seni, aspek kreativitas maupun inovasi. Tidak hanya itu mata pelajaran ini juga menuntut kerjasama dan kolaborasi antar siswa untuk menumbuhkan semangat saling melengkapi guna menciptakan ekosistem bisnis yang saling menguntungkan.

Banyak jurusan di SMK salah satunya adalah TKJ atau Teknik Komputer dan Jaringan, jurusan ini erat kaitannya dengan bidang Teknologi Informasi seperti Internet beserta konten yang menyertainya. 

Karena dalam TKJ juga mempelajari ilmu lain seperti Desain, Programming maupun Bidang Eletronika Dasar, maka produk kreatif dalam ranah TKJ boleh saja tidak menyentuh inti dari TKJ, bisa saja berupa produk pendukung untuk produk intinya.

Beberapa produk kreatif yang kami rangkum mengharuskan keterampilan lebih dalam bidang IT, namun adapula yang tidak. Beberapa ada juga yang membutuhkan modal fisik maupun modal non-fisik.

Berikut ini kami mencoba merangkum beberapa ide yang bisa dijadikan sebagai proyek dalam mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan khususnya jurusan TKJ.

1. Antena Wi-Fi Wajan Bolic


Alat ini termasuk ke dalam penerima sinyal wifi agar lebih kuat diterima oleh perangkat wifi seperti access point atau wireless router.


Lanjut ke Bagian 2 : klik pada link berikut https://tkj.yayasan-gondang.com/2022/11/kumpulan-ide-produk-kreatif-dan_14.html


Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.