Download GoANBK sebagai Sistem Operasi Khusus Asesmen Nasional - 2023


Apa itu ANBK?

ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer merupakan suatu penilaian untuk mengukur kemampuan literasi dan numerasi peserta didik di berbagai jenjang pendidikan mulai dari SD hingga SMK.

Pelaksanaan ANBK di satuan pendidikan biasa dimulai dari Simulasi, Gladi Bersih dan Pelaksanaan Utama. Beberapa peserta didik yang tidak melaksanakan kegiatan biasanya akan diberikan kesempatan untuk mengikutinya pada saat Susulan.

Semenjak UNBK dihapus dan menjadi ANBK, banyak kebijakan pendidikan berubah seperti jumlah peserta yang mengikuti ANBK adalah sampling dari keseluruhan peserta didik pada tingkat tertentu. Tidak seperti UNBK yang mewajibkan semua peserta didik untuk mengikutinya, dan menjadi syarat kelulusan.

ANBK tidak menjadi syarat kelulusan dan bertujuan untuk memotret pendidikan yang terjadi di suatu satuan pendidikan. 

Moda Pelaksanaan ANBK

ANBK dilaksanakan di dalam ruang dengan sarana dan prasarana pendukung seperti lab komputer, beberapa komputer client, server dan penunjang koneksi seperti kabel jaringan, hub dan router.

Moda Pelaksanaan Full Online (Daring)   

Pada Moda ini sekolah tidak perlu menyiapkan server khusus yang digunakan untuk menjalankan aplikasi Ujian. Namun sekolah diwajibkan memenuhi standar kebutuhan bandwidth yang ditetapkan agar proses ANBK lancar.

Moda Pelaksanaan Semi Online

Pada moda ini sekolah perlu menyiapkan server khusus yang digunakan untuk menjalankan aplikasi utama ujian dengan beberapa pengaturan khusus yang ditetapkan sesuai petunjuk teknis. Bandwidth yang dibutuhkan untuk moda ini tergolong kecil karena hanya dipakai pada saat proses sinkronisasi dan mengirimkan data jawaban ke server pusat.

Apapun moda-nya pelaksanaan ANBK menghendaki agar sekolah mempersiapkannya sebaik mungkin, maka beberapa kegiatan yang mungkin dilaksanakan sekolah antara lain :

1. Menguji PC Client yang akan dipakai agar siap dipakai ANBK

2. Menginstalasi ulang PC Client jika terdapat masalah, virus

3. Menginstalasi program aplikasi Exambro Client versi terbaru agar dapat membuka halaman ujian

Jika langkah di atas sudah dilaksanakan namun waktu pelaksanaan ANBK belum kunjung tiba, bisa jadi PC Client mengalami masalah bilamana dipakai untuk pelajaran sehari-hari. Dan hal ini tentu saja membutuhkan tenaga ekstra bagi teknisi untuk selalu memastikan bahwa PC Client siap tempur dalam segala keperluan. 

Sistem Operasi GoANBK

Sekolah yang akan melaksanakan ANBK wajib memastikan komputer dalam keadaan prima dan siap untuk menjalankan aplikasi ANBK seperti Exambro Client. Namun karena keterbatasan, beberapa sekolah tidak mampu memenuhi persyaratan tersebut. PC atau komputer yang digunakan memiliki beberapa kerusakan pada penyimpanan seperti harddisk yang rusak, bad sector, terkena virus atau sebab lain seperti mati total. 

Belum lagi jika PC yang sudah dipersiapkan ANBK namun ternyata kembali bermasalah lantaran dipakai untuk pelajaran komputer.

Hal ini menjadi kendala sekolah dalam mempersiapkan ANBK, dari sinilah tercetus ide adanya sistem operasi GoANBK. 

GoANBK merupakan sistem operasi khusus untuk PC Client yang akan dipakai untuk keperluan pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), yang bisa beroperasi tanpa harus memiliki media penyimpanan. GoANBK bekerja dalam model jaringan client - server, dimana sistem operasi disimpan pada server yang akan ditransfer ke PC Client pada saat booting. Sistem operasi GoANBK bekerja pada RAM Komputer sehingga kebutuhan penyimpanan benar-benar nihil. 

Unduh Sistem Operasi GoANBK

Sistem operasi GoANBK disediakan untuk sekolah secara gratis untuk membantu persiapan ANBK lebih mudah, singkat dan menyenangkan bagi teknisi dan proktor yang akan bertugas.

Berikut ini adalah kumpulan link yang dapat Anda pergunakan untuk mengunduh / mendownload dan menjalankan GoANBK:

1. Link unduh / download GoANBK v1.0

2. Link unduh / download GoANBK v1.6.1

3. Link unduh / download File ISO GoANBK di sisi client (opsional / tidak wajib)

4. Link unduh / download File Update GoANBK beragam versi

Demikian info terbaru sistem operasi GoANBK yang dapat Anda gunakan untuk membantu mempersiapkan momen ANBK di sekolah. Semoga membantu.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.