Materi Menerapkan Sistem Operasi Jaringan, Pelajaran ASJ, TKJ (Bagian 1)


Jumpa lagi dengan penulis dalam keadaan sehat tanpa kekurangan suatu apapun. Semoga pembaca blog ini dalam keadaan baik, sehat dan tetap semangat demi meraih cita-cita untuk kehidupan yang lebih baik. 
Aamiin. 

Mata Pelajaran ASJ (Administrasi Sistem Jaringan) berhubungan dengan sistem operasi, jaringan dan server. Dimana beberapa hal yaitu sistem operasi dan jaringan sebagian sudah dipelajari di kelas X yaitu pada pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar.

Di materi ini kita akan mempelajari Sistem Operasi Jaringan, namun sebelum melangkah lebih jauh, mari kita flashback dulu mengenai Sistem Operasi atau Operating System.

Masih ingat dengan sistem operasi?
Tidak lupa kan?
Kalo lupa, mari tengok Android. Android adalah sistem operasi.
Kalo tidak ada Android maka smartphone tidak bisa dipakai untuk membuka aplikasi dan mengaktifkan fungsi perangkat yang ada pada smartphone.
Kalo pada laptop atau komputer kita mengenal sistem operasi Microsoft Windows, baik Windows XP, Windows 7 maupun Windows 10.
Selain itu ada juga sistem operasi Linux yang memiliki banyak turunan, seperti Debian, RedHat, SuSE, Slackware, dan lain-lain.
Lebih luas lagi, ada sistem operasi BSD yang juga memiliki banyak turunan seperti FreeBSD, OpenBSD, NetBSD, GhostBSD, dan lain-lain.

Apakah kamu pernah melihat laptop dgn logo apel yang ada bekas gigitannya?
Laptop tersebut identik dengan sistem operasi Machintos, atau dikenal dengan MacOS

Intinya, apapun itu. SISTEM OPERASI sangat penting untuk perangkat digital seperti komputer, laptop maupun smartphone.

PENGGUNAAN SISTEM OPERASI SECARA UMUM
Secara umum kita menggunakan sistem operasi hanya untuk menjalankan aplikasi sehari-hari seperti chating, browsing, bermedia sosial, menghitung, bermain game, dan lain-lain.
Nun jauh disana, kita mengenal YouTube, Facebook, Twitter, Google dan masih banyak lagi layanan lain.
Mereka semua mampu melayani kita dalam melihat video, tayangan hiburan, bimbingan dan lain-lain. Tak hanya itu mereka juga mampu memberikan kapasitas penyimpanan mereka secara GRATIS sehingga kita bisa menyimpan foto atau dokumen kita di server mereka.
PENGGUNAAN SISTEM OPERASI JARINGAN
Di balik layanan yang mereka berikan. Tahukah kalian bahwa mereka memiliki sejumlah komputer yang tugasnya melayani permintaan kalian? Melayani upload data kalian? Melayani status yang kalian posting di medsos? Melayani kalian untuk melihat video? Dan pelayanan lain yang kalian butuhkan.

Agar dapat melayani kalian, komputer-komputer mereka harus terhubung ke jaringan Internet dan juga memiliki Sistem Operasi.
Namun Sistem Operasi yang mereka pakai BUKAN Sistem Operasi yang biasa kita pakai.
Umumnya, mereka menggunakan SISTEM OPERASI JARINGAN.
DATACENTER SISTEM OPERASI JARINGAN
Sejumlah komputer milik Facebook, Google, YouTube, dan lain-lain seringkali disebut dengan komputer server. Komputer server ini biasanya diletakkan pada sebuah tempat yang dinamakan dengan DATACENTER
Untuk menunjang kinerja layanan, DATACENTER yang mereka miliki biasanya juga tidak hanya 1, melainkan beberapa DATACENTER yang saling terhubung.
Pada DATACENTER, komputer server biasanya disusun dalam sebuah rak, saling terhubung melalui perantara jaringan.
Sebuah komputer server memiliki komponen yang hampir sama dengan komputer kebanyakan, yaitu terdapat power supply, mainboard, prosesor, RAM, media penyimpanan, chipset, network adapter, dan lain-lain.
Komputer server tersebut juga pastinya terinstal Sistem Operasi Jaringan yang nanti akan kita bahas lebih jauh.
Apabila ingin tau lebih detail tentang Datacenter (contoh Facebook), silakan bisa berkunjung ke halaman ini https://www.datacenterknowledge.com/data-center-faqs/facebook-data-center-faq 

Apabila ingin melihat Datacenter (contoh Facebook) lebih dekat, silakan bisa lihat videonya di bawah ini


Di dalam video ini juga diperlihatkan bentuk dari komputer server yang dipakai oleh Facebook untuk melayani jutaan penggunanya.

Seperti yang tadi sudah kita bahas, komputer server yang dipakai oleh kebanyakan data center adalah sejenis Sistem Operasi Jaringan.

A. Pengertian dan Penggunaan Sistem Operasi Jaringan

Sistem Operasi Jaringan, disingkat SOJ adalah Sistem Operasi yang memberikan layanan kepada komputer lain dalam jaringan.
SOJ seringkali dikenal sebagai Sistem Operasi yang ditujukan khusus untuk Server.
SOJ tidak ditujukan untuk penggunaan sehari-hari seperti mengetik, browsing, chatting, sosial media, dan lain-lain.
SOJ umumnya tidak membutuhkan tampilan grafis yang menarik, hal ini dikarenakan fungsinya bukanlah untuk kebutuhan sehari-hari. Bahkan banyak dari SOJ hanya menampilkan teks tanpa gambar.

Sistem Operasi Jaringan umumnya digunakan oleh :
  • Internet Service Provider, yang melayani jasa koneksi Internet melalui jalur Wireless Broadband seperti 3G, 4G, 5G, dan lain-lain. SOJ disini bisa dimanfaatkan untuk membagi koneksi Internet, membagi kecepatan Internet, membagi jatah kuota Internet untuk masing-masing pengguna.
  • Perusahaan Media Sosial dan Video Streaming, yang menyediakan akses pengguna untuk membuat profile dan update status serta mengunggah video. SOJ disini bisa dimanfaatkan untuk menampilkan halaman media sosial yang bersumber dari sebuah basisdata dan melakukan konversi video secara online.
  • Perusahaan Berita Online, yang menyediakan informasi kepada pembaca. SOJ disini bisa dimanfaatkan untuk menampilkan halaman website yang bersumber dari sebuah basisdata.
  • Startup / Unicorn, yang melayani berbagai macam kebutuhan hidup seperti ojek online, jual beli online, travel online, uang digital, dan lain-lain. SOJ disini bisa dimanfaatkan untuk mengirimkan data ke aplikasi yang diinstall pada smartphone pengguna yang bersumber dari basisdata.
  • Perusahaan Hosting, yang melayani penyewaan kapasitas penyimpanan online. SOJ disini bisa dimanfaatkan untuk membagi kuota media penyimpanan, manajemen user, manajemen database, manajemen domain name system, memantau system, dan lain-lain.
  • Instansi Pemerintahan, yang melayani portal informasi pemerintah dan sistem informasi manajemen. SOJ disini bisa dimanfaatkan untuk menampilkan halaman portal (website), mengelola hak akses user, mengelola konten berita, dan lain-lain.
  • Instansi Sekolah, yang melayani portal informasi sekolah, sistem pengelolaan sekolah, sistem ujian online, dan lain-lain. SOJ disini bisa dimanfaatkan untuk menampilkan website sekolah, melaksanakan ujian secara online, PPDB online, dan lain-lain
  • Instansi kesehatan dan lainnya umumnya hampir sama dengan instansi di atas.
  • Sektor Pariwisata, dan usaha kecil menengah menggunakan SOJ dalam porsi yang relatif kecil, seperti memanfaatkan SOJ untuk menyebarkan koneksi WiFi di area usahanya.
Meskipun umumnya SOJ ditujukan untuk komputer Server, namun SOJ juga dapat dipasang pada perangkat portable maupun embedded, seperti MiniPC, Router, Access Point, Modem, dan lain-lain.

Sistem Operasi Jaringan bisa dikatakan sebagai sistem operasi yang bekerja pada model jaringan Client – Server. Hal itu karena terdapat komputer lain yang berfungsi sebagai Client dalam jaringan yang mengakses layanan yang ada pada SOJ.

B. Karakteristik Sistem Operasi Jaringan

Karena fungsi utamanya adalah memberikan pelayanan kepada komputer lain dalam jaringan, maka karakteristik dari SOJ adalah sebagai berikut:
  1. Tidak digunakan unntuk kebutuhan berkomputer sehari-hari seperti mengetik, browsing, chatting, dll.
  2. Tidak membutuhkan tampilan grafis yang memukau
  3. Tampilan sangat minimal, bahkan banyak yang menampilkan teks saja.
  4. Komputer yang menggunakan SOJ beberapa bahkan tidak memiliki monitor secara permanen
  5. Poin no.4 disebabkan karena SOJ dapat dikendalikan dari komputer lain asalkan masih terhubung dengan jaringan
  6. SOJ bahkan dapat dikendalikan melalui koneksi Internet, yang mana dapat dikendalikan kapan saja dan darimana saja.
  7. Pada poin 6, sebuah server yang terinstall SOJ yang berlokasi di Jakarta, dapat dikendalikan secara realtime (langsung) dari Pekalongan melalui koneksi Internet.
  8. Tidak banyak interaksi secara langsung dengan operator / administrator / pengguna.
  9. Poin 8, disebabkan karena fungsi utama SOJ adalah melayani komputer lain dalam jaringan, maka untuk menjaga layanan tetap berjalan, administrator cukup memastikan bahwa listrik dan koneksi jaringan tetap aman tanpa gangguan.
  10. Harus ditempatkan di lokasi yang aman dari sembarang akses.
  11. Komputer server yang terpasang SOJ, bahkan ditempatkan pada Datacenter, dikunci rapat dan tidak boleh sembarang orang mengakses
  12. Menyala 24 jam, 7 hari seminggu secara terus menerus
  13. Poin 12, mengharuskan ruangan memiliki pengatur suhu agar prosesor tidak over-heating (terlalu panas)
  14. Melakukan back up data dan memastikan data tersebut tersedia untuk jangka waktu tertentu.
Baca selanjutnya: Bagian 2
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments