Makin mudah membuat soal di TCExam dengan Microsoft Word



Bagi Guru atau Admin ujian online atau CBT (Computer Based Test) membuat atau menginput soal merupakan proses yang tidak mudah. Banyak platform ujian online seperti Google Classroom, Edmodo dan lain-lain memiliki masalah yang sama yaitu repot dalam membuat atau menginput soal untuk Ujian.

Apalagi pada platform ujian online seperti TCExam, yang mana pembuatan soal harus dimulai dari membuat modul, topik kemudian soal. Di dalam soal harus dibuat satu-per-satu opsi jawaban yang bisa dipilih siswa.

Hal ini tentunya akan banyak memakan waktu, tenaga dalam menginput soal daripada membuatnya. Padahal tugas seorang Guru tidak hanya tentang ujian semata yang harus diselesaikan. 

Namun saat ini, di alamat http://gg.gg/word2xml Anda bisa menggunakan format file Microsoft Word untuk melakukan input soal ke dalam platform ujian TCExam.

Format file yang disediakan disana cukup simple, sederhana dan mudah bagi Guru yang terbiasa menggunakan Microsoft Word.

Di dalam format tersebut juga sudah ditambahkan bagian nama mata pelajaran (modul) serta topik. Guru juga bisa langsung mengisikan opsi jawaban dan kunci jawaban disana.

Model soal TCExam juga bervariasi tidak hanya pilihan ganda. Ada model MCMA (Multi Choice Multi Answer) atau jawaban ganda, ada isian singkat yang bisa koreksi otomatis, ada model soal uraian panjang, ada pula model soal Ordering atau mengurutkan pilihan jawaban.

Bagi yang menggunakan TCExam sebagai platform ujian online, silakan dimanfaatkan layanan tersebut mumpung masih gratis.

Namun, TCExam yang disupport atau kompatible dengan layanan tersebut adalah TCExam Mobile Friendly yang merupakan forking TCExam yang bisa diunduh di https://github.com/mamans86/tcexam-mobile-friendly.

Lantas bagi yang menggunakan TCExam standar apakah bisa menggunakan? Bisa saja namun ada perubahan code PHP. Untuk lebih jelasnya silakan menuju ke http://gg.gg/word2xml. Apabila ada kesulitan langsung saja hubungi kontak person yang tertera disana.

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments