Cara Mudah Membuat Hotspot Wi-Fi (Tethering) Mode Hidden SSID / Tersembunyi pada Android

Sekilas Mengenai Wi-Fi

Wi-Fi sudah identik dengan koneksi Internet dan sudah menjadi semacam kebutuhan bagi pengguna perangkat pintar macam smartphone maupun laptop. Koneksi Wi-Fi bisa didapatkan melalui bermacam cara salah satunya berlangganan pada jaringan penyedia akses internet. Namun cara tersebut membutuhkan biaya atau modal yang tidak sedikit. Banyak dari kita kurang mampu apabila harus berlangganan Wi-Fi Internet dikarenakan faktor biaya. Maka salah satu cara yang dianggap mudah adalah mendapatkan Wi-Fi Internet melalui koneksi Tethering dari smarphone.

Wi-Fi Hotspot dari Tethering memang murah dan mudah, namun terkadang kita risih apabila Wi-Fi Hotspot kita disalahgunakan orang lain. Meskipun di pengaturan ada fitur menambahkan password, namun hal tersebut tidak menjamin keamanan, karena suatu ketika akan ada alat / aplikasi untuk membongkar hal tersebut.

Maka dari itu, kita perlu menambah lapisan keamanan ekstra agar Wi-Fi Hotspot kita lebih aman, yaitu dengan menyembunyikan Wi-Fi Hotspot.

Dengan cara ini, Wi-Fi Hotspot yang kita buat, tidak akan terlihat di daftar Wi-Fi baik di smartphone maupun laptop.

Okey sobat, berikut ini adalah tips ekstra mengamankan Wi-Fi Hotspot agar tidak terlihat di daftar Wi-Fi menggunakan Mode Hidden SSID.

Tips di bawah ini dipraktekkan menggunakan smartphone Redmi 10, namun pada dasarnya bisa diterapkan untuk semua smartphone baik Oppo, Vivo, Samsung, Realme, Sony, Advan, Evercoss, dan lain-lain yang menggunakan platform sistem operasi Android.

Tips ini berdasarkan cara yang dilansir oleh Xamzone Apps Universe pada Channel Youtubenya di https://www.youtube.com/shorts/n05pVjg1PuI silakan nanti bisa di SUBSCRIBE untuk mendapatkan info update mengenai Tutorial yang berkaitan dengan Ilmu Komputer atau Jaringan.

Tutorial ini juga diunggah ulang oleh laman Facebook Ilmu Komputer Jaringan di link berikut : https://www.facebook.com/ilmukomputerjaringanindonesia silakan bisa follow facebook Ilmu Komputer Jaringan untuk mendapatkan info update mengenai ilmu seputar teknologi khususnya komputer dan jaringan.

Langkah Ekstra mengamankan Wi-Fi Hotspot agar tidak terlihat di daftar Wi-Fi menggunakan Mode Hidden SSID

  1. Nyalakan Hotspot terlebih dahulu pada Pengaturan Android 

  2. Tekan dan tahan lama tombol Hotspot 

  3. Masuk ke Pengaturan Hotspot Portabel 

  4. Ubah nama Wi-Fi (SSID), isikan Sandi (Password), dan pilih jenis keamanan 

  5. Di bagian Sembunyikan SSID-nya, ganti menjadi pilihan HIDUP 

  6. Tekan tombol Ok atau Simpan atau Centang ( ✅ ) untuk menyimpan
  7. Pada tahap ini, jika Anda menggunakan perangkat lain, silakan nyalakan Wi-Fi-nya, periksa daftar Wi-Fi yang ada di halaman tersebut. Apabila pengaturan yang sudah kita lakukan benar, maka nama Wi-Fi (SSID) yang kita buat tidak akan tampil di halaman tersebut. 

  8. Untuk menghubungkan perangkat lain agar terhubung ke jaringan Hidden Wi-Fi, caranya kita harus menambahkan jaringan secara manual. Biasanya tombol ini berada di bagian bawah halaman daftar WI-Fi. 

  9. Masukkan data seperti nama Wi-Fi (SSID) dengan benar dan identik (sama persis), baik kapitalisasi hurufnya maupun tanda baca lain (misal spasi) harus sama dengan yang sudah diatur. 
     
     

  10. Masukkan jenis keamanan maupun Sandi yang telah diatur sebelumnya. 
  11. Kemudian tekan tombol IKUTI 

  12. Apabila semua langkah di atas dilakukan dengan benar, maka proses penyambungan akan berjalan sukses. 

  13. Selesai

Tutorial dalam bentuk video bisa Anda tonton pada link berikut ini : https://www.youtube.com/shorts/n05pVjg1PuI


Baca Juga : Jika kamu pengguna Shopee, Selamat Anda berkesempatan untuk belanja barang menarik ini, klik disini.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.