Panduan Penggunaan Aplikasi CBT TCExam Mobile Friendly with AJAX Support

Aplikasi CBT TCExam merupakan aplikasi CBT Free and Opensource yang cukup terkenal di kalangan akademis. Sifatnya yang gratis membuatnya banyak digemari, sehingga banyak penyedia hosting memasukkannya ke dalam aplikasi yang siap pakai melalui installer di panelnya.

TCExam yang berlisensi opensource memberikan kesempatan kepada banyak pengguna untuk memodifikasi atau bahkan memberikan fitur baru di dalamnya. Salah satu turunan TCExam yang cukup populer saat ini yaitu TCExam Mobile Friendly with AJAX support (TMFAJAX) yang memiliki banyak fitur baru dan peningkatan kinerja untuk menopang akses banyak pengguna dalam satu waktu yang bersamaan.

TMFAJAX bisa diunduh di https://github.com/xamzone/tmfajax

Beberapa bulan setelah dirilis, TMFAJAX belum memiliki dokumentasi resmi berkaitan cara penggunaannya. Namun per tanggal 18 Mei 2021, kita bisa mempelajari TMFAJAX melalui dokumentasi yang disediakan oleh Author TMFAJAX yaitu Maman Sulaeman.

Dokumentasi tersebut mencakup beberapa hal dalam pemakaian TMFAJAX antara lain yaitu:

  1. Panduan Instalasi CBT TMFAJAX
  2. Pengaturan Umum CBT TMFAJAX pasca instalasi
  3. Import User pada CBT TMFAJAX melalui Format Excel (.xlsx)
  4. Import Soal pada CBT TMFAJAX melalui Template Excel (.xlsm)
  5. Membuat Jadwal Ujian pada CBT TMFAJAX
  6. Mengerjakan Ujian pada CBT TMFAJAX (Mode Normal dan Mode Darurat)
Pada tutorial ke-6 dibahas juga cara melaksanakan ujian melalui MODE DARURAT (Offline) bagi peserta ujian yang terkendala kuota utama atau sinyal lemah, dan sekolah yang tidak memiliki server mumpuni beserta infrastruktur nya namun ingin menerapkan ujian melalui aplikasi.

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments