SMK Gondang Pekalongan Jawa Tengah Modifikasi Mesin Mobil dengan Bahan Bakar Elpiji



Tim Otomotif SMK Gondang Kec. Wonopringgo Kab. Pekalongan telah sukses membuat modifikasi mesin mobil merk Kijang Super dengan Bahan Bakar Gas (BBG) Elpiji. Berdasarkan hasil ujicoba ditemukan bahwa bahan bakar elpiji lebih efisien dibandingkan bensin premium, hal itu dibuktikan dari 1 (satu) kilogram elpiji bisa menempuh jarak 20 Km, sedangkan untuk bensin premium 1 liter hanya dapat menempuh jarak 11 Km.

Inovasi ini di bawah Guru pembimbing SMK Gondang yaitu Castro, S.Pd, Ahmad Suwidang, S.Pd dan Bambang Edi P, S.T bersama siswa mulai bekerja membangun inoasi ini dari bulan Oktober 2013.

Tim memutuskan menggunakan Bahan Bakar dengan Gas Elpiji dengan alasan kemudahan, karena biasanya Bahan Bakar Gas untuk kendaraan berupa CNG (Compresed Natural Gas) dengan Tekanan tinggi 200 bar. Dan itu hanya ada di Kota besar seperti di Jakarta (SPPBG), tetapi di wilayah Kab. Pekalongan dan sekitarnya masih belum tersedia, adanya SPPBE.

Baca Juga : PRODUK MOTOR LISTRIK VIAR NEW Q1 LONG SEAT - JADETABEK

Mobil Kijang super berbahan Gas Elpiji tersebut telah dipertunjukkan di Stand pameran SMK Vokasi Kabupaten Pekalongan pada tanggal 19 s.d. 21 Desember tahun 2014. Pameran tersebut mendapat antusiasme dari pengunjung dan Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.

Tidak berhenti disitu, Tim otomotif SMK Gondang terus berinovasi, selanjutnya di tahun 2014 ini Tim akan mencoba membuat Modifikasi Teknologi lagi yaitu Modifikasi Mobil listrik.






Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.