Menggunakan GoANBK untuk membuka Ujian CBT eksternal - Cara 1

GoANBK sejatinya adalah sistem operasi untuk membuka halaman Ujian ANBK yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman Ujian yang dikerjakan sewaktu ANBK hanya bisa dibuka dengan aplikasi khusus bernama Exambro. Exambro merupakan komponen inti dalam ANBK, dan Exambro telah ditanamkan secara default pada GoANBK.

Ada beberapa orang yang masih belum memahami GoANBK seutuhnya, masih ada yang menganggap bahwa GoANBK adalah aplikasi Ujian (CBT). Maka dari itu, untuk mempelajari apa itu GoANBK, Anda bisa membacanya pada halaman terpisah yang sudah kami susun disini (Apa itu GoANBK)

Jika Anda sudah paham apa itu GoANBK, dan mengerti GoANBK adalah sistem operasi, Anda bisa melanjutkan membaca panduan mengenai GoANBK disini ( Panduan GoANBK ). Panduan tersebut berisi cara bagaimana melakukan setting mesin virtual agar dapat melayani booting jaringan kepada komputer client di sebuah lab. komputer.

Artikel ini merupakan suplemen dari postingan di atas, postingan ini bermaksud agar pengguna bisa memanfaatkan GoANBK untuk membuka aplikasi Ujian CBT lainnya tanpa perlu berpindah ke platform lain (misal Windows atau distro Linux lainnya).

Sebelum lanjut, jika Anda belum memiliki platform CBT atau ingin sekedar mencoba aplikasi CBT yang kami kelola silakan bisa membuka link berikut : TMF CBT, Aplikasi CBT berbasis TCExam dengan banyak fitur tambahan termasuk ujian mode darurat.

Langkah-langkah dalam menggunakan GoANBK untuk membuka Ujian CBT eksternal adalah sebagai berikut :

  1. GoANBK tidak perlu diupdate ke versi terkini, cara ini bisa diterapkan pada versi GoANBK v1.0
  2. Pastikan GoANBK sudah disetting seperti pada Panduan GoANBK disini
  3. Lakukan booting LAN pada komputer client
  4. Usahakan semua komputer client sudah menampilkan desktop GoANBK  
  5. Dari sisi server, masuk ke layar VHD, seperti ditunjukkan pada gambar di bawah 

  6. ketikkan GOUNBK5758 di layar VHD tersebut. Ketikkan saja dengan benar dengan huruf kapital, lalu tekan ENTER. Note: Yang Anda ketik di layar VHD tidak terlihat sehingga pastikan Anda mengetikkan dengan benar
  7. Jika berhasil maka layar VHD akan menampilkan Admin Panel dengan beberapa menu yang bisa dimanfaatkan untuk mengontrol client 
  8. Di tahap ini, Jangan membuka Exambro Semi Daring. Jika terlanjur, maka tutup semua Exambro Semi Daring, lalu jalankan kembali Exambro Daring. Karena Exambro ANBK sejatinya tidak kita butuhkan silakan tutup lagi Exambro Daring dari Server.
  9. Pada Admin Panel, masuk ke menu Client Shell
  10. Pada Client Shell, ketikkan : install_browser , tekan enter lalu kirimkan ke semua client
  11. Tunggu dan amati proses instalasi web browser di sisi client.
  12. Kembali ke Client Shell, ketikkan : echo "nameserver 8.8.8.8" > /etc/resolv.conf , tekan enter lalu kirimkan ke semua client.
  13. Kembali lagi ke Client Shell, ketikkan : www https://yayasan-gondang.com/cbtlain , tekan enter lalu kirimkan ke semua client.
  14. Catatan: Langkah ke 13, harus diawali dengan www sebelum URL CBT. Jika URL CBT mengandung www, maka www tersebut tetap harus dicantumkan, contoh: www https://www.yayasan-gondang.com/cbtlain
  15. Apabila tampilan ujian tidak fullscreen, maka masuk ke client shell, ketikkan xdotool key F11 , tekan enter lalu kirimkan ke semua client.
  16. Sampai di tahap ini bisa dikatakan langkah menggunakan GoANBK sebagai client Ujian CBT eksternal sudah selesai.

Langkah-langkah di atas merupakan cara 1 dalam Menggunakan GoANBK untuk membuka Ujian CBT eksternal, untuk cara ke-2 sudah diposting dan bisa Anda baca disini, langkah ke-2 akan memanfaatkan Client Shell Script dimana langkah-langkah di atas akan dijalankan secara otomatis sesaat setelah komputer client selesai booting LAN.

Langkah-langkah di atas belum membahas bagaimana cara mengunci keyboard dan aktivitas lain, sehingga tidak seperti Exambro yang bisa mengunci shortcut keyboard tertentu.

Tutorial mengunci shortcut keyboard dan keamanan lain akan dibahas di lain waktu jika tidak ada aral melintang.


Terimakasih 

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.