Menggunakan GoANBK untuk membuka Ujian CBT eksternal - Cara 2

Postingan ini merupakan cara alternatif dari postingan sebelumnya yang berjudul Menggunakan GoANBK untuk membuka Ujian CBT eksternal - Cara 1. Anda bisa membaca artikel sebelumnya apabila ingin mengetahui cara pertama disini.

Sekedar meringkas artikel sebelumnya, bahwa cara pertama yang dibahas pada link di atas, merupakan cara manual agar GoANBK dapat mengakses URL CBT eksternal. Cara tersebut cukup repot karena kita diharuskan menunggu PC Client GoANBK selesai masuk ke desktop terlebih dahulu baru kemudian kita mengeksekusi beberapa perintah yang harus diketikkan pada Admin Panel di menu Client Shell.

Sedangkan cara di bawah ini, kita akan memanfaatkan script yang sudah disiapkan agar menjalankan serangkaian perintah yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya. Perintah yang diketikkan pada script hampir mirip namun langkah awal dalam mempersiapkannya agak berbeda dari cara pertama. Meskipun langkah awalnya berbeda dari cara pertama, namun cara ini dinilai lebih ringkas karena semua perintah akan dihimpun dalam satu script, sehingga kita tidak perlu menjalankan perintah satu persatu pada Client Shell.

Sebelum lanjut, jika Anda belum memiliki platform CBT atau ingin sekedar mencoba aplikasi CBT yang kami kelola silakan bisa membuka link berikut : TMF CBT, Aplikasi CBT berbasis TCExam dengan banyak fitur tambahan termasuk ujian mode darurat.

Berikut ini adalah cara ke-2 menggunakan GoANBK untuk membuka Ujian CBT eksternal :

  1. GoANBK tidak perlu diupdate ke versi terkini, cara ini bisa diterapkan pada versi GoANBK v1.0
  2. Pastikan GoANBK sudah disetting seperti pada Panduan GoANBK disini 
  3. Pastikan VM GoANBK sudah berjalan, seperti ditunjukkan pada gambar di bawah 

  4. PC Client tidak perlu dijalankan
  5. Buka Web Browser di sisi server, akses alamat http://192.168.0.253:10378
  6. Klik link File Manager
  7. Login dengan user gounbk, password gounbk
  8. tekan icon edit (gambar pencil) pada file autostart-script.sh
  9. Pada baris paling bawah tambahkan beberapa baris kode berikut 
  10. Simpan dengan menekan tombol Save.
  11. Nyalakan PC Client dan mulai jalankan booting dari jaringan (LAN)
  12. Amati proses booting, apabila script di atas berhasil, maka setelah komputer Client GoANBK masuk ke desktop, akan ada beberapa proses tambahan sesuai dengan perintah yang dimasukkan pada autostart-script.sh. 

Langkah-langkah di atas merupakan cara 2 dalam Menggunakan GoANBK untuk membuka Ujian CBT eksternal. Cara 2 merupakan versi otomatis dari Cara 1 yang beberapa waktu lalu telah dibahas disini.

Sama seperti pada Cara 1, Langkah-langkah cara 2 di atas belum membahas bagaimana cara mengunci keyboard dan aktivitas lain, sehingga tidak seperti Exambro yang bisa mengunci shortcut keyboard tertentu.

Tutorial mengunci shortcut keyboard dan keamanan lain akan dibahas di lain waktu jika tidak ada aral melintang.


Terimakasih.

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.