Memanfaatkan GoANBK sebagai PC Client untuk membuka Web Based Learning

Postingan ini merupakan trik yang caranya hampir sama dengan postingan yang berjudul Menggunakan GoANBK untuk membuka Ujian CBT eksternal - Cara 1 dan Menggunakan GoANBK untuk membuka Ujian CBT eksternal - Cara 2

Perbedaan dari kedua cara di atas dengan petunjuk yang ada di postingan ini terletak pada URL atau alamat aplikasi yang akan dibuka. Apabila pada kedua cara di atas yang dituliskan adalah URL dari aplikasi CBT maka di petunjuk ini URL yang dituliskan adalah URL dari halaman Web Based Learning seperti Google Classroom, Moodle, atau yang sejenisnya. URL juga bisa diganti dengan situs lain seperti situs media sosial, video streaming dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan.

Di Postingan ini mengadopsi cara 2 seperti pada link disini, yaitu dengan memanfaatkan client shell script yang dapat dimodifikasi melalui file manager. 

Sebelum lanjut, jika Anda belum memiliki platform CBT atau ingin sekedar mencoba aplikasi CBT yang kami kelola silakan bisa membuka link berikut : TMF CBT, Aplikasi CBT berbasis TCExam dengan banyak fitur tambahan termasuk ujian mode darurat.

Sebelum diteruskan, mohon dukungan terhadap GoANBK, baik melalui kunjungan produk maupun donasi agar kami memiliki semangat dalam mengembangkan GoANBK. Yang belum bisa berdonasi mohon kunjungi produk-produk yang kami pilih berikut ini. Bagi yang sudah berdonasi namun tetap mau mengunjungi link di bawah ini kami tetap persilakan.

  1. Macbook Pro 2021 M1 Pro 14 16 Inch M1 Max RAM 16GB 512GB 1TB – M1 PRO 14-INCH, 512GB GREY JP : https://tokopedia.link/AEHkaHh2Lsb
  2. Apple MacBook Pro 2020 13 Inch M1 Custom Based on Customer Request – PRICE : https://tokopedia.link/48bmZjj2Lsb
  3. Robot RT-K7 Quick Charge 5V/1A Fireproof Charger With Micro USB Cable – RT-K7 : https://tokopedia.link/XYNBokw2Lsb
  4. LED Monitor LG 18.5 inch 19M38a : https://tokopedia.link/klYWXLsZLsb
  5. OPPO Reno 8 5G 8/256GB 8/128GB Reno8 4G LTE Garansi Resmi – Shimmer Black, 8GB 256GB 4G : https://tokopedia.link/jS2cVXvZLsb

Berikut ini adalah cara menggunakan GoANBK untuk membuka Web Based Learning :

  1. GoANBK tidak perlu diupdate ke versi terkini, cara ini bisa diterapkan pada versi GoANBK v1.0
  2. Pastikan GoANBK sudah disetting seperti pada Panduan GoANBK disini 
  3. Pastikan VM GoANBK sudah berjalan, seperti ditunjukkan pada gambar di bawah 

  4. PC Client tidak perlu dijalankan
  5. Buka Web Browser di sisi server, akses alamat http://192.168.0.253:10378
  6. Klik link File Manager
  7. Login dengan user gounbk, password gounbk
  8. tekan icon edit (gambar pencil) pada file autostart-script.sh
  9. Pada baris paling bawah tambahkan beberapa baris kode berikut 

  10. Simpan dengan menekan tombol Save.
  11. Nyalakan PC Client dan mulai jalankan booting dari jaringan (LAN)
  12. Amati proses booting, apabila script di atas berhasil, maka setelah komputer Client GoANBK masuk ke desktop, akan ada beberapa proses tambahan sesuai dengan perintah yang dimasukkan pada autostart-script.sh. 

Selesai, langkah-langkah di atas merupakan cara dalam memanfaatkan GoANBK sebagai PC Client untuk membuka Web Based Learning. Cara ini merupakan adaptasi dari cara Menggunakan GoANBK untuk membuka Ujian CBT eksternal - Cara 1 dan Menggunakan GoANBK untuk membuka Ujian CBT eksternal - Cara 2

Sayangnya, langkah-langkah di atas belum membahas bagaimana cara mengunci keyboard dan aktivitas lain, sehingga tidak seperti Exambro yang bisa mengunci shortcut keyboard tertentu. 

Tutorial mengunci shortcut keyboard dan keamanan lain akan dibahas di lain waktu jika tidak ada aral melintang. Agar menjadi penyemangat kami melakukan update atau memberikan layanan terbaik, jika Anda terbiasa berbelanja melalui Shopee, silakan bisa membuka aplikasi Shopee melalui link ini :
  1. Kemaja Putih Polos | Kemeja Formal | Kemeja putih polos pria lengan panjang | Baju kantor
  2. JAM TANGAN FASHION FS 9098YU TOUCH WARTCH TALI RUBBER FREE BOX ORIGINAL & BATERAI https://shope.ee/7zbhDNiSOI
  3. Zoya Scarf Kerudung Hijab Segiempat Minar Scarf https://shope.ee/7KM06w4fRI
  4. 2in1 Kalkulator Penggaris Multifungsi 8 Digit 15cm https://shope.ee/q8P7QKpFo

Link Unduh GoANBK 2023


Terimakasih.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.